Categories
Bisnis

Perbandingan Penggunaan Rangka Atap Baja Ringan dan Atap Kayu

Distributor Baja Ringan memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing dalam menghadapi persaingan pasar. Baik dari segi kualitas, maupun dari segi produk sejenis atau pesaing.

Atap merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah konstruksi bangunan. Tanpa atap yang kuat dan kokoh, suatu bangunan rentan mengalami kerusakan. Hal tersebut dikarenakan atap menjadi pelindung bangunan dari segala cuaca. Pentingnya peran atap menyebabkan kita harus selektif dalam memilih bahan pembuatannya.                                

Secara garis besar, atap terbuat dari 2 pilihan bahan pembuatan, yaitu baja ringan atau kayu. Stabilitas, kekuatan serta kehandalan menjadi 3 kriteria pokok yang harus kita pertimbangkan sebelum memilih bahan pembuatan atap mana yang akan kita gunakan pada bangunan kita.

Berikut akan kami bahas terkait perbandingan penggunaan atap yang biasa dipergunakan oleh distributor baja ringan dan atap kayu tersebut :

  1. Penggunaan atap baja ringan akan lebih menghemat biaya karena saat ini harga kayu telah mengalami peningkatan yang lumayan signifikan. Jadi apabila Anda ingin lebih menghemat biaya pengeluaran, atap baja ringan adalah pilihannya sebab harganya masih relative stabil.
  2. Atap baja ringan memiliki daya tahan yang lebih lama sedangkan penggunaan atap kayu lebih tidak tahan lama karena kayu rentan dengan serangan rayap sehingga mudah lapuk.
  3. Menggunakan atap yang terbuat dari baja ringan berarti kita ikut berkontribusi untuk menjaga kelestarian alam kita. Mengapa demikian? Ini dikarenakan pada jaman sekarang kayu telah menjadi komoditas yang perlu dilestarikan. Penebangan pohon secara besar-besaran telah membuat kestabilan alam kita terganggu. Banyaknya pohon yang ditebang tidak sebanding dengan jumlah pohon yang ditanam. Penggunaan atap baja ringan menjadi pilihan yang cukup bijak untuk mengurangi penebangan pohon sebagai bahan pembuatan atap kayu.
  4. Pemasangan atap baja ringan lebih rumit jika dibandingkan dengan atap kayu. Hal tersebut dikarenakan pada pemasangan atap baja ringan dibutuhkan  ketelitian dan keterampilan yang lebih mumpuni dari tukang bangunan yang mengerjakannya. Komponen-komponennya yang beragam mengakibatkan atap baja ringan tidak bisa dipasang secara sembarangan dan juga asal-asalan.

Itulah beberapa perbandingan penggunaan atap baja ringan dan atap kayu yang berhasil penulis rangkum dalam artikel ini. Terlepas dari segala penjelasan di atas, penggunaan dari atap baja ringan dan atap kayu memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Pilihan terakhir jatuh di tangan Anda selaku pihak yang akan mendirikan bangunan. Jadilah selektif dalam memilih dan semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *