Categories
konstruksi

Kerusakan yang Sering Terjadi pada Plat Stainless steel

Penggunaan jangka panjang serta perawatan yang tidak benar tentu saja stainless steel bisa mengalami kerusakan apalagi jika Anda membeli dari orang yang jual plat stainless steel yang tidak bagus. 

Banyak orang yang memandang bahwa plat stainless steel tidak bisa rusak karena adanya berbagai klaim kuat, kokoh, dan anti karat. Namun, dalam penggunaan jangka panjang serta perawatan yang tidak benar tentu saja stainless steel bisa mengalami kerusakan yang bisa membuatnya tidak bisa dipakai lagi, apalagi jika Anda membeli dari orang yang jual plat stainless steel yang tidak bagus. Ada beberapa hal yang menyebabkan stainless steel bisa rusak yaitu secara alamiah atau karena manusia yang dijelaskan berikut ini :

Kerusakan Alami

Pada penggunaannya dalam sehari-hari, plat stainless steel bisa saja mengalami berbagai kontak dengan unsur kimia lain sehingga mengakibatkan kerusakan secara alamiah dan biasanya tidak sengaja dilakukan oleh manusia. Kerusakan secara alamiah seperti korosi karena kontak dengan asam klorida atau terkena panas yang kuat saat pengelasan sehingga kadar krom banyak yang rusak. Biasa dikenali dengan noda kuning atau coklat (karat)

Kerusakan pitting yang bisa terjadi karena adanya noda yang tidak segera dibersihkan sehingga menempel pada permukaan dengan jangka waktu yang lama. Pada kejadian ini terjadi reaksi oksidasi yang terjadi karena kotoran mencapai permukaan dan merusak lapisan pelindung. Ada juga korosi yang terjadi akibat adanya kontak dengan tembaga, nikel, tembaga, dan grafit. Penjual plat stainless steel tentunya paham betul akan hal ini.

Kerusakan Akibat Manusia

Kerusakan akibat manusia bisa terjadi karena kelalaian dan biasanya kerusakan terlihat sangat jelas. Sering terjadi adanya penyok atau goresan yang terjadi akibat berinteraksi dengan permukaan benda lain yang lebih kuat atau dengan gesekan dengan benda lain yang bisa merusak lapisan pelindung pada permukaannya.

Selain itu juga sering terjadi bengkok atau melengkung, hal ini bisa terjadi karena adanya panas yang berlebihan sehingga plat mengalami pembengkokan. Selain itu, pembengkokan dan lengkungan yang terjadi juga bisa karena akibat dari benturan dengan benda yang lebih keras dan lebih kuat.

Itu tadi merupakan beberapa penyebab kerusakan pada plat stainless steel yang harus Anda tahu sehingga bisa lebih hati-hati dalam merawatnya agar tetap kuat, kokoh, menarik, dan tetap awet. Anda juga dapat berhati-hati dalam memilih distributor jual plat stainless steel. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *