Categories
Alat Kesehatan

Kapan Perlu Cek kesuburan?

Sebelum kamu cari biaya cek kesuburan wanita, maka anda harus benar-benar tahu terlebih dahulu apakah anda memang membutuhkan cek kesuburan ini atau tidak. Untuk tahu apakah anda membutuhkan tes kesuburan ini, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa tanda yang perlu Anda waspadai khususnya bagi wanita.

Sebelum kamu cari biaya cek kesuburan wanita, maka anda harus benar-benar tahu terlebih dahulu apakah anda memang membutuhkan cek kesuburan ini atau tidak. Untuk tahu apakah anda membutuhkan tes kesuburan ini, berikut ini adalah beberapa tanda yang perlu anda waspadai khususnya bagi wanita. 

Usia di atas 35 tahun 

Untuk anda wanita yang memiliki usia 35 tahun, maka sebaiknya anda lebih berhati-hati. Usia adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh pada kesuburan diri anda. Mendekati usia 40 tahun anda sebagai wanita pasti akan mengalami penurunan kesuburan. Oleh karena itu, baik anda yang sudah menikah atau belum ada baiknya anda segera melakukan tes kesuburan untuk memastikan bagaimana kondisi kesehatan organ kewanitaan anda. 

Sudah setahun menikah tapi belum dikaruniai anak 

Selanjutnya, tanda lain yang perlu diperhatikan mengenai kesuburan adalah melihat kembali usia perkawinan anda. Ketika anda sudah menikah lebih dari 1 tahun dan melakukan hubungan paling tidak 2 kali seminggu dan tidak menggunakan kontrasepsi, maka besar kemungkinan anda harusnya sudah mengandung. Akan tetapi jika kondisi ini terjadi dimana anda sudah menikah dan memiliki hubungan seksual yang cukup aktif tanpa perlindungan dan belum juga dikaruniai anak, maka anda perlu segera cek mengenai kondisi  kesehatan anda. Di sini anda sudah mulai harus perhatikan mengenai biaya cek kesuburan yang harus anda keluarkan untuk tiap rangkaian cek yang akan diberikan oleh dokter. Ketika kondisi seperti ini terjadi, maslahat kesuburan yang harus dicek bukan hanya dari wanita tapi juga dari pihak pria. 

Berusia muda tapi haid tidak teratur 

Ketika kondisinya anda sudah berusia lebih dari 35 tahun, maka kondisi kesehatan organ reproduksi anda mungkin sudah tidak sebaik  ketika anda berusia muda. Hal inilah yang menyebabkan  mengandung mungkin merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Akan tetapi jika anda masih muda tapi sudah menikah dan memiliki hubungan seksual yang cukup aktif seperti yang disebutkan sebelumnya dan memiliki riwayat haid yang tidak teratur, maka anda juga perlu waswas. 

Haid yang tidak teratur bisa saja menjadi salah satu tanda bahwa anda perlu melakukan cek kesuburan. Akan tetapi jangan khawatir terlebih dahulu. Haid yang tidak teratur pada usia masih muda bisa juga disebabkan karena stres yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan anda menghindari stres sebelum melakukan cek ya!

Memiliki riwayat penyakit diabetes untuk pria 

Selain wanita, pria juga harus waspada dengan kondisi kesehatan organ reproduksinya. Bagi pria, salah satu tanda bahwa mereka harus melakukan cek salah satunya adalah mengenai kondisi penyakit bawaan di keluarganya. Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang seringkali menyebabkan kesuburan pria menurun. Oleh karena itu, jika anda memiliki gangguan penyakit diabetes dan belum memiliki momongan, segera siapkan biaya cek kesuburan untuk melakukan pemeriksaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *