Categories
Bahan Bangunan

Aneka Jenis Genteng Ringan

Pada suatu area yang rawan gempa pemakaian genteng ringan akan sangat dianjurkan guna keperluan safety, yakni meminimalisir risiko kecelakaan akibat kejatuhan genteng dan meningkatkan faktor keamanan. Genteng ringan kebanyakan adalah genteng metal.

Pada suatu area yang rawan gempa pemakaian genteng ringan akan sangat dianjurkan guna keperluan safety, yakni meminimalisir risiko kecelakaan akibat kejatuhan genteng dan meningkatkan faktor keamanan. Genteng ringan kebanyakan adalah genteng metal. Berikut ini adalah aneka Jenis Genteng Ringan tersebut.

Genteng Metal Tembaga

Genteng metal tembaga ini dari segi tampilan akan sangat mirip dengan genteng beton. Keunggulannya ialah pada bentuk atapnya yang bisa sangat beragam karena mudah dibentuk menjadi sesuai dengan keinginan atau selera. Motif permukaan genteng metal tembaga ini juga sangat bervariasi, yakni bisa dalam pola garis-garis hingga mirip seperti bentuk sisik ikan dan lain sebagainya. Cukup banyak pilihannya. Genteng metal tembaga ini banyak digunakan sebagai kubah masjid, juga di bangunan gereja, hingga pada  museum-museum yang besar, dan lain sebagainya. Genteng metal ini memiliki daya tahan yang kuat bahkan bisa awet hingga mencapai 100 tahun.

Genteng Metal Pasir

Lalu ada juga genteng metal berpasir, yang merupakan suatu hadir temuan baru untuk desain serta material atap suatu bangunan. Genteng metal pasir ini terbuat dari lapisan serbuk bebatuan yang dicampurkan dengan bahan dasar berupa zincalume, dan coraltex, serta zinc phospat. Ukurannya juga tersedia dalam berbagai variasi, yakni mulai dari tingkat ketebalan 0,2 mm hingga 0,4 mm. Beberapa keunggulan atau nilai plus genteng metal berpasir itu ialah pada tingkat daya tahannya, awet dan  anti gores, juga anti pecah, dan tahan benturan serta guncangan, juga tidak bising, bisa meredam suara dan juga   panas.

Genteng Metal Spandek

Adalagi yang namanya genteng metal spandek. Bahannya terbuat dari galvalume atau disebut juga sebagai zincalume, yakni suatu campuran dari alumunium serta seng. Lalu ada juga variasi genteng spandek yang lainnya  yakni yang diberi tambahan campuran berupa bahan dari silikon sehingga bisa menjadi lebih lentur dan tidak akan mudah robek atau rusak, meski harganya juga bertambah. Komposisi perbandingan komponen pada genteng spandek ialah sekitar  55% alumunium, dan 43% seng, lalu 1,5% berupa silikon. Genteng metal spandek ini telah banyak dipasang pada gedung mall yang besar, juga di pabrik, serta ruko dan gudang.

Dengan permukaan yang bergelombang, maka membuat jadi lebih mudah untuk di cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *