Categories
Kesehatan

Mengenal Lebih Dalam DaunSungkai untuk Program Hamil

Daun sungkai untuk program hamil sering direkomendasikan oleh banyak orang. Menurut klaim banyak orang rebusan daun sungkai bisa dikonsumsi bagi pasangan yang sedang menjalankan program untuk memiliki momongan.

Daun sungkai untuk program hamil sering direkomendasikan oleh banyak orang. Menurut klaim banyak orang rebusan daun sungkai bisa dikonsumsi bagi pasangan yang sedang menjalankan program untuk memiliki momongan.

Akan tetapi, masih banyak orang yang belum terlalu mengenal apa itu tanaman sungkai atau bagaimana bentuk fisiknya. Sehingga banyak orang juga belum paham bagaimana pemanfaatan daun sungkai untuk program hamil atau pemanfaatannya untuk kebutuhan lain. Bahkan bisa jadi tidak mengenali jika tanaman yang satu ini ada di sekitar Anda.

Mengenal lebih Dekat Tanaman Sungkai

Tanaman sungkai memiliki ciri-ciri serupa dengan pohon jati, karena itulah nama lain dari tanaman ini adalah pohon Jati Seberang. Tanaman ini memiliki daun menyirip dengan batang kayu berwarna coklat tua. Ada serabut mirip seperti bulu di permukaan batangnya.

Tinggi tanaman ini antara 20 hingga 30 meter dengan panjang batang tanpa cabang bisa mencapai 15 meter. Permukaan kulit kayu tanaman ini biasanya berwarna merah muda hingga coklat. Biasanya tanaman ini banyak ditemui di kawasan sekitar sungai atau sumber air tawar lain. Tanaman ini tumbuh dengan sangat cepat dibandingkan dengan tanaman berkayu yang lain.

Daerah persebaran tanaman ini antara lain daerah-daerah di Pulau Sumatra seperti Jambi, Lampung, Bengkulu, Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Palembang. Di Pulau Jawa, tanaman ini banyak ditemui di daerah Jawa Barat. Sementara di Pulau Kalimantan, tanaman ini hampir bisa ditemui di semua daerah karena tanaman ini memang berasal dari Pulau Kalimantan.

Tanaman ini juga biasanya bisa ditemui di halaman rumah dan dijadikan sebagai tanaman pagar yang mengitari rumah. Seperti di daerah Bengkulu tanaman ini dijadikan pagar bagi banyak rumah di daerah tersebut.

Sudah sejak lama tanaman ini dimanfaatkan untuk ramuan herbal atau jamu yang mengobati berbagai macam penyakit. Demam, flu, asma, sakit gigi hingga pertumbuhan jamur di kulit seperti panu diobati dengan tanaman ini.

Rebusan kulit pohon tanaman sungkai sering diminum untuk bisa mengobati malaria dan menjaga stamina tubuh. Selain itu juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Rebusan daun tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk memperlancar siklus bulanan kaum perempuan. Rebusan daun sungkai juga dimanfaatkan oleh orang-orang atau pasangan yang sedang menjalankan program hamil.

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, sejak dahulu tanaman ini digunakan untuk membantu merawat kesehatan sistem reproduksi, selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Baik pria maupun wanita biasa mengonsumsi ramuan herbal dari rebusan daun sungkai dalam usaha memiliki keturunan.

Cara Pemanfaatan Daun Sungkai untuk Program Hamil

Cara pemanfaatan daun sungkai untuk program hamil  bisa dilakukan dengan merebus segenggam daun sungkai muda dengan air. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengolah daun sungkai menjadi ramuan herbal untuk program hamil:

  1. Gunakan atau pilih daun sungkai yang masih muda, ambil beberapa helai atau satu genggaman.
  2. Cuci bersih daun-daun tersebut sebelum direbus
  3. Rebus menggunakan air yang bersih hingga mendidih dan menyisakan separuh air rebusan
  4. Minum air rebusan tersebut selagi hangat
  5. Lakukan dengan rutin

Demikian cara mengolah daun sungkai untuk dijadikan ramuan herbal bagi pasangan yang sedang menjalankan program memiliki anak. Ramuan herbal dari daun sungkai ini bisa dikonsumsi oleh kedua pasangan suami istri agar khasiat lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *